Breaking

Thursday, May 31, 2018

[PANDUAN LENGKAP] Belajar Pascal: Panduan Untuk Pemula Memahami Algoritma Pemrograman



Pada dasarnya bahasa pascal relatif mudah dipelajari, karena perintah-perintahnya mirip dengan bahasa inggris sehari-hari misalnya: begin, end, write, dan read.
Selain itu, pascal juga memiliki aturan pemrograman yang terstruktur sehingga cocok digunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman terutama bagi pemula.
Sebenarnya perlukah kita belajar Pascal ??


Jika anda melihat lowongan kerja programmer saat ini, nyaris tidak ada yang membutuhkan keahlian bahasa pascal, jadi untuk apa mempelajari pascal?
Karena berbagai alasan dan sejarah yang panjang, saat ini Pascal ‘kalah bersaing’ dengan bahasa pemrograman lain, seperti C++, Java bahkan bahasa BASIC.

Hal ini terjadi bukan karena bahasa Pascal yang tidak ‘bagus’, akan tetapi lebih karena sisi marketing dan kurangnya dukungan Industri.
Sebagai contoh, banyak kalangan yang menganggap Pascal lebih bagus dan lebih terstruktur dibandingkan dengan BASIC.
Namun BASIC didukung oleh perusahaan sekelas Microsoft dengan Microsoft Visual Basic, sehingga lebih populer dibandingkan Borland Delphi..
..yaitu aplikasi sejenis Visual Basic yang menggunakan bahasa Pascal.

Walaupun tidak sepopuler bahasa C++ atau Java, saat ini Pascal masih banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman pengantar di sekolah dan universitas.

Kesimpulannya, jika anda ingin mempelajari algoritma dan pemrograman komputer dari dasar, maka Pascal adalah bahasa pemrograman yang tepat untuk anda.
Lalu, setelah anda menguasai struktur dan aturan penulisan dalam bahasa Pascal, anda bisa lanjut mempelajari bahasa pemrograman lain seperti C++ atau Java.

Darimana saya harus belajar bahasa pascal?

Jangan khawatir, dalam panduan gratis ini anda akan belajar bahasa pemrograman pascal untuk pemula. Dari nol. Anda yang saat ini sama sekali belum memahami sedikitpun tentang bahasa pascal, di akhir bab akan mengerti bagaimana mengaplikasikannya kedalam program. Sedangkan bagi anda yang sudah mengerti sekilas, anda akan bisa mendalami program pascal. Semua ini dalam hitungan jam.

Silahkan mulai dari bab 1 atau langsung menuju bab yang ingin anda pelajari.

Bab 1: Persiapan dan Pengenalan Free Pascal

Perlu anda ketahui, untuk membuat dan menjalankan program dengan bahasa pascal kita memerlukan sebuah compiler bernama Free Pascal.

Download disini: Download Free Pascal

Free Pascal tersedia dalam berbagai sistem operasi populer seperti Windows, Linux dan Mac OS. Silahkan pilih sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.
Untuk proses instalasi sangatlah mudah, anda hanya perlu menjalankan instaler yang sudah anda download tadi. Untuk pengaturan biarkan default (full instalation).


Silahkan centang semua pada bagian "Additional Task".
Sebenarnya anda juga bisa menggunakan Turbo Pascal, namun disini saya akan menggunakan program Free Pascal IDE sebagai compiler.
IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment, yakni sebuah lingkungan pengembangan software yang terintegrasi.

Sebuah aplikasi IDE biasanya terdiri dari code editor, compiler, debugger, dan beberapa fasilitas lain untuk memudahkan pembuatan program komputer.
Berikut tampilan/antar muka program pascal:



Tenang saja, disini anda tidak perlu mengetahui apa fungsi dari semua menu bar pada pascal namun saya berharap anda nantinya mempelajarinya sendiri.
Yang perlu anda ketahui adalah:
- Menu "File" untuk membuat, membuka, dan menyimpan program pascal kita.
- Menu "Compile" untuk meng-compile source code menjadi sebuah program.
- Menu "Run" untuk menjalankan program kita.

Baiklah saya rasa cukup, mari kita mulai belajar membuat program pascal.

Selanjutnya silahkan kunjungi

Bab 2: Struktur Program Pascal


Terima Kasih..
Salam Kampus Belajar